Berbagai Fungsi dan Kegunaan Kunci Sok Untuk Memudahkan Pekerjaan

Senin, 20 Februari 2017

Berbagai Fungsi dan Kegunaan Kunci Sok Untuk Memudahkan Pekerjaan

Sebagian orang membeli kunci sok berdasarkan kebutuhan untuk memudahkan pekerjaan yang dijalankan hingga bisa bekerja lebih efisien. Namun demikian, ada sebagian kecil orang yang membeli kunci sok untuk melengkapi peralatan pertukangan dan perbengkelan yang dimiliki dirumah tanpa mengetahui fungsinya yang lengkap. Kegunaan kunci sok yang tidak diketahui akan membuat orang ragu untuk membeli kunci jenis ini karena memiliki harga yang relatif lebih tinggi. 

kunci sok
Baca Juga : Mengenal Kunci Shock Tekiro dan Kelebihannya Dibanding Merek Lainnya

Fungsi kunci sok akan sangat ditentukan oleh spesifikasi kunci sok yang dimiliki. Spesifikasi ini akan menentukan jenis dan kelengkapan kunci yang dimiliki. Secara umum, bagian kunci sok terdiri dari 3 fungsi yang saling bekerja sama. Bagian pertama adalah mata kunci, bagian kedua adalah tuas yang digunakan untuk memutar dan memasang mata kunci, bagian ketiga adalah bagian penghubung antara mata kunci dan tuas. Bagian penghubung ini dikenal dengan nama extention.

Apabila kita amati dengan seksama, kita akan menemukan beberap jenis gagang kunci sok. Gagang yang biasanya digunakan antara lain sliding T dengan panjang 10”, fleksible dengan panjang 15”, extention 5” dan 10”, Rachet, dan Universal joint. Beberapa handle atau gagang telah memiliki bentuk yang spesifik. Namun demikian akan memiliki fungsi yang serupa. Namun karena bentuk telah disesuaikan dengan fungsi, maka kita bisa lebih nyaman menggunakan bentuk yang spesifik tersebut.

Harga kunci sok yang memiliki banyak handle atau tuas tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan kunci yang hanya memiliki satu tuas saja. Hal itu karena, kunci sok yang memiliki beragam tuas akan juga memiliki fungsi yang lebih lengkap. Misalkan untuk membuka roda mobil kita akan membutuhkan kunci roda maupun kunci sok dengan gagang bentuk L yang bisa kita beli eceran atau satuan. Namun bila kita menggunakan kunci sok lengkap, kita bisa membuka dengan tuas sleding T yang kita miliki.

Kegunaan tuas yang lain juga akan sangat membantu ketika ternyata sleding T yang digunakan terlalu dekat dengan ban sehingga susah berfungsi, maka kita bisa menambahkan extensions bar dengan ukuran 5” maupun 10” sesuai kebutuhan. Kegunaan kunci sok untuk memudahkan kerja juga dimiliki oleh handle rachet. Handle ini bisa digunakan untuk bekerja pada putaran sempit. Dimana putaran pada handle memiliki gigi yang bisa diatur sehingga kita tidak perlu melepas kunci untuk mengendorkan dan mengencangkan putaran.

Kegunaan kunci sok juga sangat baik untuk menjaga agar kepala baut yang kita buka tidak aus atau slek saat dikendorkan. Apabila kita membuka baut yang terlalu kencang karena lama tidak dibuka, terkadang baut akan rusak bila tidak dibuka dengan alat yang pas. Dengan menggunakan kunci sok, maka kita bisa menghemat tenaga karena putaran yang dilakukan biasanya akan lebih ringan, dan kepala baut juga akan aman karena terjaga dari aus atau slek saat dibuka.